Kesimpulan Marketing dengan Memanfaatkan AI untuk Iklan
Nama : Farras fadillah
Nim : 2205121044
Kelas : MICE 5C
Mata kuliah : Pemasaran Digital
Segmentasi Psikografis
Iwan menerangkan tiga motivasi hidup utama yang mempengaruhi perilaku konsumen:
- Self Expression (Experiencers): Senang mengeksplorasi diri dan mencari pengalaman baru
- Achievement (Achievers): Fokus pada pencapaian status sosial dan pengakuan.
- Idealism (Thinkers): Pentingnya nilai-nilai, kualitas, dan pengetahuan sosial.
Contoh Menggunakan ChatGpt untuk mendesain iklan dan sesuai sasaran Audiens.
Experiencers: Orang yang aktif mencari kesenangan, sering mencoba hal baru, dan terlibat dalam aktivitas sosial. Seperti video pendek tentang pria trendy dengan berbagai aktivitas seru.
Achievers: Mereka yang sangat peduli tentang pandangan orang lain dan mengejar karir serta status sosial. Contohnya cuplikan video yang menampilkan pria ambisius berfokus pada karir dan pencapaiannya.
Thinkers: Mencari produk berkualitas dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan dan komunitas.
Storyboard dan Produksi
Menggunakan Chat GPT untuk membuat storyboard frame by frame sebagai panduan produksi iklan, dengan menggunakan prompt detail untuk mendapatkan visualisasi dari ide iklan yang dihasilkan oleh Chat GPT, menunjukkan perbedaan gaya yang sesuai dengan karakteristik antara segmen audiens. Lalu untuk mengadaptasi konsep dengan memadukan hasil analisis segmentasi dan ide kreatif untuk mendesain iklan yang efektif.
Kesimpulan:
Dengan memahami audiens melalui segmentasi psikografis dan memanfaatkan alat seperti Chat GPT ataupun AI sebagai alat bantu, pemasar dapat menghasilkan iklan yang lebih relevan, efektif, dan menyentuh hati konsumen. Serta dapat membantu para pemasar yang ingin berkreasi lebih luas lagi dengan positif.
Komentar
Posting Komentar